DOWNLOAD PANDUAN MANUAL APLIKASI PENDAFTARAN CALON PESERTA UN TAHUN 2018 BERBASIS DAPODIK


Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tahun pelajaran 2017/2018 sudah memasuki tahap pendataan calon peserta Ujian Nasional untuk tahun 2018. Bagi sekolah yang belum mendata pesertadidiknya sebagai peserta Ujian Nasional 2018 silahkan untuk melakukan pendataan di website resmi pendataan peserta Ujian Nasional 2018 di http://pdun.data.kemdikbud.go.id/.


Untuk bisa mengakses website http://pdun.data.kemdikbud.go.id/, masing-masing sekolah melakukan login dengan menggunakan username dan password ataupun menggunakan kode registrasi yang sama dalam aplikasi Dapodikdasmen.

Dalam mekanisme pendataan peserta Ujian Nasional tahun 2018, berikut ini saya bagikan informasi mengenai panduan manual aplikasi pendaftaran calon peserta UN tahun 2018 berbasis Dapodik, dan untuk lebih lengkapnya nanti bisa anda download pada bagian akhir pembahasan mengenai panduan manual aplikasi pendaftaran calon peserta UN tahun 2018 berbasis Dapodik.

Panduan manual aplikasi pendaftaran calon peserta UN tahun 2018 berbasis Dapodik terdapat peran penting pihak sekolah dalam melakukan pendataan calon peserta Ujian Nasional tahun 2018, yaitu sebagai berikut :
  1. Satuan pendidikan/sekolah mengirimkan data peserta Ujian Nasional tahun 2018 ke server Dapodik.
  2. Satuan pendidikan/sekolah melakukan pemrosesan data Nomor Induk Siswa Nasional di VERVALPD terutama bagi peserta didik yang berada di tingkat akhir (kelas 9).
  3. Satuan pendidikan/sekolah melakukan verifikasi kelengkapan data individual siswa calon peserta Ujian Nasional tahun 2018.
  4. Satuan pendidikan/sekolah mengunduh Daftar Calon Peserta Ujian Nasional tahun 2018 (DCP) dan Berita Acara dan website manajemen Ujian Nasional.
  5. Satuan pendidikan/sekolah melakukan penyerahan Daftar CaIon Peserta Ujian Nasional tahun 2018 (DCP) kepada Panitia Ujian Nasional di Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.
  6. Satuan pendidikan/sekolah melakukan penandatanganan berita acara penyerahan Daftar Calon Peserta Ujian Nasional tahun 2018 (DCP).
Untuk alur pendataan peserta Ujian Nasional (UN) tahun 2018, bisa dilihat pada gambar dibawah ini.


Untuk lebih lengkapnya silahkan download panduan manual aplikasi pendaftaran calon peserta UN tahun 2018 berbasis Dapodik download disini.

Demikianlah informasi yang dapat saya bagikan mengenai panduan manual aplikasi pendaftaran calon peserta UN tahun 2018 berbasis Dapodik. Semoga bermanfaat.

Post a Comment

0 Comments